Cara Mudah Beternak Cacing Sutra PDF Print E-mail
Written by PURWANTI, A.Md ( Pengawas Perikanan Bidang Budidaya)   
Tuesday, 13 December 2016 14:15
     Cacing sutra – Bagi anda yang ingin menggeluti bisnis baru tepat sekali menjalankan usaha dan bisnis yang bias anda jadikan referensi dalam membuka usaha baru. Kali ini kami akan menbahas ulasan tentang cara mudah beternak cacing sutra. cacing sutra merupakan  makanan untuk ikan air tawar yang banyak sekali di cari atau digunakan. Cacing ini juga mempunyai banyak kandungan gizi dan juga protein tinggi. Sehingga bagianda yang sedang budidaya ikan dan member pakan cacing sutra ini maka pertumbuhanya akan cepat. Untuk prospek ternak cacing sutra ini sangat bagus karena sekarang ini banyak yang sedang menjalankan bisnis ternak ikan air tawar. Banyak sekali metode untuk ternak cacing sutra seperti budidaya cacing sutra cara modern saat ini adalah bubidaya cacing di aquarium, di kolam terpal, dengan nampan dan di air bersih.Persiapan lahan cacing sutra
     Sebelum kita melakukan budidaya cacing sutra ini terlebih dahulu kita melakukan persiapan lahan yang akan digunakan dalam budidaya tersebut. Pertama kita melakukan fermentasi pada lahan dengan merendam lahan 3 sampai 4 hari menggunakan air setinggi 5 cm. kemudian langkah selanjutnya dalam budidaya cacing sutra ini adalah pemupukan. Cara ini dimaksudkan agar cacing dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan lebih optimal. Caranya dengan menyiapkan pupuk kandang atau ampas tahu. Ukuran ampas tahu adalah 200 hingga 250 gram per meter persegi, sedangkan pupuk kandang 300 gram per meter persegi. Jika anda ingin membuat pupuk sebagai pakan, ikuti langkah di bawahini;
- Siapkan kotoran ayam lalu jemur hingga kering dan gas beracunnya hilang selama kurang lebih 6 jam
- Siapkan EM4, gula pasir dengan air. Campurkan menurut ukuran 4 ml EM4 dengan 300 ml air plus ¼ sendok makan gula pasir. Diamkan selama 2 jam.
- Masukkan cairan pada poin dua kedalam kotoran ayam. Untuk ukuran di atas, digunakan 10 kg kotoran ayam
- Jika sudah tercampur, tutup rapat dan biarkan selama 5 hari dengan tujuan agar fermentasinya dapat berjalan sempurna
     Selanjutnya, Anda bias menyiapkan habitat atau media untuk tumbuh cacing tersebut. Anda bias menyiapkan kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter persegi. Kubangan ini harus dibuat lengkap dengan saluran air, baik keluar maupun masuk. Kemudian di setiap kubangan, buatlah petakan dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm (tinggi). Kemudian antar petakan diberi lubang denganjari-jari 0,5 cm.

Bibit Cacing Sutra

Persiapan bibit

     Bibit cacing sutra bias dibeli atau ditangkap dari sungai atau sawah. Namun, kebanyakan petani memilih untuk membeli bibit cacing sutra di pasar sebab lebih praktis. Setelah dibeli, bibit cacing sutra ini harus dikarantina selama kurang lebih 2 hingga 3 hari menggunakan air bersih yang terus mengalir dengan debit yang kecil. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan bakteri patogen yang mungkin menempel dalam tubuh cacing.

Menebarkan bibit cacing sutra

Kemudian, jika semuanya sudah siap, tebarkan bibit cacing sutra kedalam lahan dan selama perawatan, usahakan mengaliri air dengan debit yang lambat.

Makanan cacing sutra

     Anda perlu tahu pakan untuk cacing sutra, yakni bahan organik yang sudah bercampur dengan sedimen atau lumpur yang ada di dasar lahan (perairan).untuk makanan cacing sutra yang baik selain endapan lumpur seperti di atas anda juga dapat menambahkan ampas tahu atau kotoran ayam untuk makanan sehari-hari.

Panen Cacing Sutra

     Panen merupakan bagian yang paling banyak disukai oleh para peternak. Untuk cara panen ini sangat mudah. Untuk penen pertama dimulai dari cacing yang sudah berumur 75 hari,  dan untuk panen berikutnya bias dilakukan selang waktu 15 hari,panen cacing sutra dilakukan pada  waktu pagi atau sore hari.

 
 Gambar 1. Cacing Sutra Siap Dipanen
Share
Update terakhir  Dibaca: 110 kali.
 
Design by Team Dinas Kominfo Kab Magelang © 2013
Email : kominfo[at]magelangkab[dot]go[dot]id
No Telpon : (0293)-788346) fax (0293)-788122