Sertifikasi Tanah khusus Pembudidaya Ikan (Gratis*) Kegiatan SEHATKAN PDF Print E-mail
Written by Dispeterikan   
Saturday, 22 April 2017 09:57
Kegiatan Sehatkan adalah kegiatan sertifikasi hak atas tanah khusus untuk pelaku usaha pembudidaya ikan yang bertujuan untuk mempermudah akses permodalan usaha budidaya perikanan dan meningkatkan produksi perikanan Kab. Magelang.
Kegiatan ini difasilitasi oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang dan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kab. Magelang.Kegiatan sosialisasi Sehatkan dilaksanakan pada hari kamis 30 Maret 2017 di dusun Bothen Madukoro 2, Desa Madukoro, Kecamatan Kajoran.
Pada tahun 2016 terdapat 10 pembudidaya ikan yang mendapatkan sertifikat tanah dari kegiatan Sehatkan. Dan pada tahun 2017, terdapat 100 sertifikat yang akan diproses diantaranya 40 sertifikat untuk pembudidaya ikan desa Ngasinan, Grabag;  40 sertifikat desa Madukoro, Kajoran; 10 sertifikat desa Paremono, Mungkid dan 10 sertifikat desa Gondang, Mungkid.
Bapak Muhammad Muslimin dari Kantor Badan Pertanahan Nasional Kab. Magelang menjelaskan bahwa Sertikasi tanah pembudidaya ikan (Sehatkan) tidak sepenuhnya ditanggung oleh Pemerimtah dan ada beberapa item yang harus ditanggung oleh masyarakat/pembudidaya ikan.
Biaya yang tidak disubsidi oleh negara adalah biaya melengkapi seluruh berkas misalnya baiaya materai, biaya pembuatan patok tanah, biaya fotokopi, biaya transportasi dan biaya saksi-saksi riwayat tanah.Syarat-syarat tanah yang bisa disertifikasi adalah tanah belum pernah bersertifikat, tanah tidak dalam kondisi sengketa kepemilikan/sengketa batas. Kalau tanah dalam sengketa, maka harus secepatnya diselesaikan dengan musyawarah.
Share
Update terakhir  Dibaca: 77 kali.
 
Design by Team Dinas Kominfo Kab Magelang © 2013
Email : kominfo[at]magelangkab[dot]go[dot]id
No Telpon : (0293)-788346) fax (0293)-788122