75 TAKMIR DILATIH KETRAMPILAN MENJADI JULEHA

FRArtikel / Berita

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelag membuka pelatihan keterampilan bagi Juru Sembelih Hewan Ternak Halal (JULEHA) yang dilaksanakan oleh Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet  melalui Kegiatan Pengawasan Pemotongan Hewan Qurban Tahun 2017 di Gedung Aquatic Studio pada tanggal 10 Agustus 2017.

Pelaksanaan pelatihan ini dianggap perlu dilakukan dimana sejalan dengan Visi Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang diantaranya Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Veteriner yaitu menyediakan PAH (Pangan Asal Hewan) yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Seiring dengan persiapan menjelang Hari Raya Idhul Qurban Tahun 2017 serta  meningkatnya kebutuhan daging hewan ternak di Kabupaten Magelang, upaya peningkatan kemampuan teknis juru sembelih menjadi penting. Proses penanganan dan pemotongan hewan Qurban yang baik dan benar dengan memperhatikan kesejahteraan hewan, tata cara pemotongan maupun penanganan daging qurban menjadi tuntutan yang harus dipenuhi agar diperoleh daging yang ASUH.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Ir. Sri Hartini menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan juru sembelih agar sesuai kaidah halal.Narasumber pelatihan ini dari  Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dispeterikan Kabupaten Magelang, Medik Veteriner Dinas Perindagkop Kota Yogyakarta serta dari Majelis Ulama Indonesia (MU

Pada acara itu juga, turut hadir peserta pelatihan sebanyak 75  orang yang ditunjuk oleh pengurus Cabang NU Kab. Magelang, pengurus Daerah Muhammadiyah Kab. Magelang, MUI kab. Magelang serta permintaan masyarat.

 

Daftar Link