SEKOLAH LAPANG (SL) AGRIBISNIS TERNAK SAPI POTONG DI MAGELANG

Artikel / Berita

Kabupaten Magelang sendiri merupakan salah satu penghasil sapi potong di Jawa Tengah oleh karenanya Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang  menyelenggarakan sekolah lapang Agribisnis Ternak Sapi Potong pada tanggal 25-27 April 2017. Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Bateh kecamatan Candimulyo  diikuti sekitar 30 peserta dari perwakilan anggota SPR  Lembu Aji kecamatan Candimulyo.  

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Ir. Sri Hartini mengatakan, melalui sekolah lapang agribisnis sapi potong  diharapkan peternak sapi potong diwilayah Magelang  mulai menggiatkan usahanya dengan sentuhan teknologi terkini misalnya tehnologi pakan, Reproduksi ternak serta Penggolahan limbah ternak. Kabupaten Magelang sendiri merupakan penghasil sapi potong di Jawa Tengah namun tehnologi budidaya ternak di masyarakat masih tradisional, serta kebanyakan petani peternak masih menjalankan usahanya secara sampingan. Melalui pelatihan Agribisnis ini diharapkan bisa diaplikasikan kepada petani terutama pakan, pemeliharaan dan pengelolaan limbah  serta menambah semangat petani peternak untuk mejadikan usahanya ini menjadi usaha pokok.



Selama tiga hari peserta sekolah lapang agribisnis selain mendapatkan bekal materi Kesehatan Hewan, Kelembagaan Kelompok, Reproduksi Ternak, serta Pengelolaan Limbah  Ternak. Peserta juga diajak  study banding  budidaya peternakan sapi skala nasional di peternakan Wahyu Utama, Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban yang berlangsung pada tanggal 16 Mei hingga 18 Mei 2017.(FR,Dispeterikan)

Daftar Link