APLIKASI SINAKKAN APLIKASI DATA DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN MAGELANG


Created At : 2021-06-28 00:00:00 Oleh : FARIDASARI, S.Pt Berita Terkait Tugas dan Fungsi Dibaca : 1202

Kabupaten Magelang merupakan salah satu penghasil pangan di Propinsi Jawa Tengah khususnya untuk peternakan dan perikanan. Produksi peternakan dan perikanan Kabupaten Magelang pada tahun 2020 yaitu produksi  daging 16.394.241 kg,produksi telur 17.071.875 dan produksi susu 818.461 liter,produksi benih ikan 1,719.206.104 ekor ,produksi ikan konsumsi 18.476.001 kg dan produksi tangkap 263,634 kg.

Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Magelang sebagai wilayah sentra pengembangan kawasan pengembangan peternakan dan perikanan diperlukan data-data dan peta peternakan dan perikanan yang disusun secara komprehensif dalam bentuk GIS (Geospasial information System). GIS membantu perencanaan pengembangan kawasan peternakan dan perikanan serta memudahkan menjabarkan program dan kegiatan pengembangan peternakan dan perikanan serta memudahkan menjabarkan program kegiatan pengembangan peternakan dan perikanan yang efektif dan rasional sesuai dengan potensi, kendala dan propek yang ada.

            Data merupakan hal  penting, data dipergunakan untuk mendukung proses perencanaan dan evaluasi pembangun dan data harus terbangun secara berkesinambungan,beraal dari itu maka Dinas Peternakan dan Perikanana Kabupaten Magelangpada bulan November 2019  meluncurkan Aplikasi SINAKKKAN  atau Sistem Informasi Peternakan dan Perikanan. Tujuan dari SINAKKAN adalah menyusun informasi berbasis web pada bidang peternakan dan perikanan. Sasaran dari SINAKKAN adalah peningkatan layanan akses informsi peternakan dan perikanan Kabupaten Magelang bagi masyarakat secara umum.

Sistem Informasi Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang (SINAKKAN ) terdiri atas dua macam web yaitu :

A.       Sistem Informasi Peternakan dan Perikanan Berbasis Web Based

Sistem informasi peternakan dan perikanan berbasis Web Based merupakan sistem pengelolaan data yang dijalankan oleh seorang admin atau petugas input pada aplikasi. Admin atau petugas input dibagi menjadi tiga bagian yaitu sebagai superuser, administrator dan admin bidang atau Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), dengan tugas masing sebagai berikut :

1.       Superuser

Seorang superuser bertugas dan bertanggungjawab untuk :

a.       Memberikan pelatihan kepada administrator dan admin bidang/ UPTD

b.       Membantu memecahkan masalah ketika terdapat kendala/ masalah dalam proses penginputan

c.       Mengontrol semua data-data yang telah diinput oleh admin bidang/ UPTD

d.       Melakukan pemeliharaan (maintenance) dan pengembangkan aplikasi SINAKKAN

e.       Mengarsipkan data-data fisik yang telah diinput oleh admin bidang/ UPTD

2.       Administrator

Seorang administrator bertugas dan bertanggungjawab untuk mengontrol perkembangan data-data yang telah diinput pada aplikasi SINAKKAN dan memberikan usul berupa saran dan masukkan sehingga aplikasi dapat dikelola dengan baik dan bermanfaat.

3.       Admin Bidang atau UPTD

Seorang admin bidang atau UPTD bertugas dan bertanggungjawab untuk:

a.       Mengumpulkan data-data untuk bahan inputan di aplikasi SINAKKAN dari Bidang dan UPTD masing-masing

b.       Melakukan perekapan data per bulan

c.       Menginput data rekapan di aplikasi SINAKKAN (htpps://sinakkan.magelangkab.go.id/admin)

d.       Memvalidasi data yang telah diinput di aplikasi SINAKKAN

e.       Mengumpulkan data rekapan yang telah diinput di aplikasi SINAKKAN yang diketahui oleh Kepala Bidang atau Kepala UPTD masing-masing ke Sub Bagian Program untuk  diarsipkan

f.        Memberikan informasi, data dan gambar pada event-event tertentu pada Bidang dan UPTD masing-masing kepada admin Superuser untuk dipublikasikan (https://sinakkan.magelangkab.go.id/public)

 

Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi SINAKKAN yang berbasis Web Based :





Gambar 1. SINAKKAN Web Based


B.       Sistem Informasi Peternakan dan Perikanan Berbasis Web Public

Sistem informasi peternakan dan perikanan berbasis web public merupakan sistem yang dapat diakses oleh masyarakat baik peternakan, pembudidaya, stakeholder serta masyarakat umum. Data – data yang dapat diakses masyarakat umum pada aplikasi SINAKKAN antara lain :

1.       Data populasi/ sebaran populasi pertahun sesuai jenis ternak ( sapi potong, sapi perah, kambing, domba, ayam pedaging, ayam petelur, ayam buras dan itik)

2.       Data produksi daging, telur dan susu ( daging sapi, daging kerbau, daging domba, daging kambing dan unggas )

3.       Data kelompok ternak ( nama kelompok, alamat kelompok, kategori kelompok, dll)

4.       Daftar usaha Peternakan ( daftar peternak mandiri ayam pedaging dan petelur, daftar peternak bermitra,  dll)

5.       Daftar kelompok penerima bantuan peternakan dan bantuan perikanan berupa hibah/ bantuan sosial

6.       Jumlah Rumah Tangga Pembudidaya Ikan ( RTP pembenihan dan pembesaran ikan )

7.       Data Produksi Ikan

8.       Daftar Pembudiya Ikan

9.       Daftar Usaha Perikanan

10.   Data informasi harga ikan 

11.   Data kejadian penyakit pada hewan

12.   Data Poskeswan /Pos Kesehatan Hewan

13.   Daftar fasilitas kesehatan masyarakat veteriner

14.   Daftar pasar hewan dan pasar ikan yang terdapat di Kabupaten Magelang

15.   Data Sumber Daya Manusia (SDM) yang beruhubungan dengan pelayanan masyarakat meliputi dokter hewan, inseminator, keur master, pengawas bibit ternak, pengawas perikanan dan penyuluh perikanan

16.   Daftar regulasi yang berkaitan dengan peternakan, perikanan, publikasi dan tugas pokok fungsi suatu organisasi atau tim)

17.   Peta usaha peternakan dan usaha perikanan

18.   Informasi kegiatan- kegiatan Dinas peternakan dan Perikanan Kab.Magelang

 

Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi SINAKKAN yang berbasis Web Based :


Gambar 2. SINAKKAN Web Public



Adanya sistem pengelolaan data peternakan dan perikanan berbasis aplikasi yaitu aplikasi SINAKKAN, maka data yang dihasilkan lebih terpusat dan terkoordinasi sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan produktivitas unit kerja dan data dinas dapat diakses oleh masyarakat umum sehingga layanan akses informasi dapat ditingkatkan dan masyarakat dapat berkontribusi langsung dalam perencanaan pembangunan .


 


Kunjungi kami di :


http://sinakkan.magelangkab.go.id/Public







GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara