Bank Pakan sebagai Solusi Sumber Makanan Ternak di KT Makmur, Krinjing Dukun


Created At : 2023-11-14 00:00:00 Oleh : Admin sinakkan Dibaca : 349

Gambar 1. Pemanenan Hijauan Pakan Ternak


Dispeterikan - Bidang Peternakan melakukan Kegiatan Pemanenan Hijauan Pakan Ternak, Pemanenan Bibit dan Pembuatan Pakan Silase sebagai Bank Pakan di Kelompok Tani Makmur Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang  (13/11/2023).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang (Joni Indarto) selaku Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang membuka kegiatan tersebut,  didampingi oleh Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Magelang (Suharno), Camat Kecamatan Dukun (Untung Sujoko) dan Kepala Desa Kirnjing (Ismail). Dalam sambutannya disampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan kelompok dalam pembuatan bank pakan sehingga dapat memudahkan anggota maupun peternak lain  dalam memenuhi kebutuhan pakan ternak pada saat kondisi tertentu.

Kegiatan kali ini dinarasumberi oleh Anggota Komisi II DPRD dan Kepala Bidang Peternakan (Rofiq Bachtiar). Disampaikan juga oleh narasumber, bahwa bank pakan dapat dijadikan sebagai antisipasi ketika musim kemarau panjang, erupsi Gunung Merapi maupun kegiatan yang mendadak lainnya. Tidak hanya itu, ketersediaan pakan ternak yang melimpah di lahan HPT juga akan lebih efisien bila dijadikan sebagai pakan silase baik dari segi waktu maupun tenaga.



Gambar 2. Praktik Pembuatan Pakan Silase


Kelompok Tani sejumlah 30 orang sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan pemanenan HPT dan Bibit jenis Pakchong, Odot dan Gamumami di lahan penanaman yang didampingi pula oleh penyuluh pendamping, kemudian melakukan praktik langsung pembuatan pakan silase.

Bahan baku praktik pembuatan pakan silase yang dipandu oleh Kabid Peternakan dari dinas, merupakan hasil dari pemanenan HPT yang telah ditanam pada Bulan Juli 2023 lalu. Sedangkan hasil pemanenan bibit, disumbangkan untuk kelompok lainnya yang terdapat  di Desa Krinjing.

Diharapkan, KT Makmur di Desa Krinjing dapat menjadi tempat pembelajaran bagi masyarakat peternak untuk mengembangkan bank pakan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pakan ternak yang bernutrisi.

GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara