Ikan Lele bisa jadi Cendol Dawet


Created At : 2024-02-28 00:00:00 Oleh : Admin sinakkan Dibaca : 216

Gambar 1. Sambutan Kepala Dispeterikan


DISPETERIKAN_27/02 Ikan Lele, ikan berkumis yang hidup di air tawar yang banyak mengandung gizi dan digemari oleh masyarakat Kabupaten Magelang untuk dikonsumsi. Pada era saat ini, banyak inovasi produk olahan ikan yang dipasarkan dan diminati seperti nugget, sosis, pangsit, dimsum dan lain-lain. Melihat peluang tersebut, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Mutu dan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan yang diikuti oleh 40 peserta pelaku usaha dan perwakilan dari kelompok pengolah dan pemasar produk olahan ikan di Laboratorium Pengolahan Ikan.



Gambar 2. Proses Pembuatan Cendol Ikan Lele


Inovasi olahan kali ini bersama Chef Angga Fery Yupria, Ketua PCPI (Perkumpulan Chef Profesional Indonesia) DPC Karesidenan Kedu yang didampingi oleh kepala dinas dan kepala bidang beserta penyuluh perikanan yaitu “Cendol Ikan Lele”. Cendol yang diolah dihidangkan menjadi minuman segar masa kini yaitu es cendol dawet. Produk cendol dapat dijadikan sebagai menu pendamping harian keluarga, menu pertemuan pada event-event bahkan dapat menjadi ladang usaha produk olahan ikan yang kreatif dan inovatif.

Ikan lele memiliki kandungan gizi yang tinggi, ketika diolah menjadi cendol tidak banyak merubah cita rasa maupun gizinya,”Kata Chef”. Dikutip dari ahligizi.id berikut disajikan tabel Informasi Nilai Gizi yang terdapat pada Ikan Lele.



Gambar 3. Tabel Informasi Nilai Gizi pada Ikan Lele

 


GALERI FOTO

Agenda

Tidak ada acara